Irfan khudzori SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA Irfan khudzori Penemuan Acara Bethari Durga di SMP N 1 kauman ponorogo | Ingin Pintar

Friday, February 21, 2014

Penemuan Acara Bethari Durga di SMP N 1 kauman ponorogo

  
Penduduk Dusun Candi, Desa Nongkodono, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, menemukan benda bersejarah di SMP Negeri 1 Kauman.
Benda yang ditemukan pekerja saat menggali tanah untuk pondasi pagar sekolah itu berupa arca berbahan batu andesit. Bentuknya menyerupai Bethari Durga atau ksatria perempuan.

”Kami perkirakan benda ini dibuat pada abad delapan atau abad sembilan,” kata Antok Kartiko, salah satu anggota Tim Cagar Budaya Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo, Jumat, 21 Februari 2014, saat dihubungi team kami kemarin.
Antok memprediksi arca dengan tinggi 70 sentimeter, lebar 35 sentimeter, dan berat 70 kilogram itu merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Hindu Kuno masa Wangsa Isyana. Berdasarkan sejarah, menurut dia, Ponorogo merupakan perlintasan yang dilalui prajurit kerajaan tersebut saat berpindah ke Jawa Timur melalui Wonogiri lantaran terjadi bencana.
Karena itu, kata dia, prajurit yang dipimpin Mpu Sendok masuk ke Dusun Candi, Desa Nongkodono, Kecamatan Kauman, Ponorogo. Dimungkinkan di lokasi setempat didirikan candi. Sebab, sejumlah batu peninggalannya dengan panjang 32 sentimeter, lebar 23 sentimeter, dan tebal 10 sentimeter telah ditemukan warga setempat beberapa waktu lalu.
”Candi yang kami perkirakan untuk sanggar pemujaan memiliki luas 400 meter persegi,” ujar Antok.
Kepala Dinas Disbudparpora Ponorogo Sapto Jatmiko mengatakan arca Bathari Durga dan batu bata kuno telah diamankan di kantor satuan kerja tersebut. Hal ini untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya dicuri oleh pihak tak bertanggung jawab. “Kami selamatkan dulu,” katanya.
Selain itu, pihak Disbudparpora juga telah berkoodinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya Trowulan untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Tujuannya, untuk mengetahui sejarah arca Bathari Durga dan peninggalan candi di Desa Nongkodono, Kecamatan Kauman, tersebut. “Saya sudah menghubungi melalui telepon, untuk suratnya akan disusulkan,” ujarnya.

0 komentar:

Post a Comment